Senin, Juli 10, 2006

Bandana

Alhamdulillah, akhirnya bandana selesai juga :)

Ini sesuai janji untuk ibu-ibu, mba-mba yang sudah ikut kelas merenda di acara Milad Fahima, selamat mencoba ya..

(sekaligus juga spesial untuk mba Levy yang mau pulkam, selamat jalan ya, mba Levy :)

Oya, langkah-langkahnya seperti di bawah ini :

1. Buat tusuk rantai kira-kira sepanjang 2/3 dari lingkar kepala atau sebanyak 70-80 tusuk rantai.


2. Setelah 70-80 tusuk rantai tadi, di bagian ujungnya buat 3 tusuk rantai untuk awalan tusuk kerang, lalu buat lagi 2 tusuk tongkat pada satu tusuk yang sama (tusuk ke-1), ikat dengan tusuk kencang dan direnda di tusuk ke-4. Hasilnya akan berbentuk kerang, miring ke kiri. Ini dihitung satu tusuk kerang.

Kombinasi Tusuk Kerang : 3 tusuk rantai, 2 tusuk tongkat, 1 tusuk kencang

*Penting *
Klo pake benang yang ukurannya tebal, maka tusuk kencang direnda pada tusuk ke-5 (selang 4 tusuk rantai), jadi hasilnya tidak akan mengkerut.



4. Selesaikan hingga ujung, sebanyak 25 buah tusuk kerang (terdiri dari 3 tusuk rantai dan 2 tusuk tongkat direnda pada satu tusuk yang sama) sehingga bentuknya seperti ini.


5. Selanjutnya dibalik, kita buat lagi tusuk kerang di lapis ke-2, boleh diganti warna supaya lebih cantik :) , langkahnya tetap buat 3 tusuk rantai, 2 tusuk tongkat, ikat dengan 1 tusuk kencang. Untuk tusuk kerang ke-2, buat 3 tusuk rantai di buat di puncak tusuk kerang lapis bawahnya.

Sedangkan 2 tusuk tongkatnya di buat pada tusuk tongkat ke-2 dari tusuk kerang di bawahnya, perhatikan pada dua gambar di bawah.

Ikat dengan tusuk kencang di puncak tusuk kerang di bawahnya.

Untuk bandana seperti gambar di atas, diperlukan 5 lapis tusuk kerang, yang berwarna-warni, 3 lapis warna kuning, 2 lapis warna putih.

6. Lebar dari bandana bisa disesuaikan, jika dirasa cukup misal 5 lapis, kita buat penutupnya. Buat 1 tusuk rantai, direnda di puncak tusuk kerang, ikat dengan tusuk kencang, buat lagi 2 tusuk rantai, ikat lagi dengan tusuk kencang di bagian ujung (yang lekuk) dari tusuk kerang, terus ulangi sampai ujung bandana. Tusuk rantai - tusuk kencang yang dibuat akan berjumlah 70-80 tusuk.

Kombinasi penutup bandana : 1 tusuk rantai, 1 tusuk kencang (di puncak tusuk kerang lapis bawahnya), 2 tusuk rantai, 1 tusuk kencang (di lekuk tusuk kerang lapis bawahnya).




7. Setelah selesai kombinasi tusuk rantai-tusuk kencang penutup sebanyak 70-80 tusuk, hasilnya akan terlihat seperti ini.

8. Sebagai pengikat kita buat 2 buah jalinan tusuk rantai, yang panjangnya kira-kira 70 tusuk rantai (bisa disesuaikan dengan lingkar kepala), direnda pada lapis ke-3 di kedua sisi ujung bandana.

9. Ikat seperti pita, dan .. selesai :)

2 komentar:

Anonim mengatakan...

assalamu'alaikum wr wb
Subhanallah...bagus banget nih modelnya..mau dong diajarin....lenny, boleh minta dipostkan tahap-tahap membuatnya ga? seperti saat membuat dompet koin itu...berapa banyak tusuk rantai/kendur yang dibuat dsb...jazakillah khairan

Lenny Adziman mengatakan...

waalaikumsalam wrwb
alhamdulillah, terimakasih mba :)
boleh mba, dozou.. sy ajarin, kirim namanya ya ke lennyadziman@gmail.com, disini anonymous soalnya :)
oya, mba, untuk tusuk rantai di awal kira2 2/3 lingkar kepala (80 buah tusuk rantai), tusuk kerang yg dibuat kira2 25 buah, sebanyak 5 lapis, warna-warni. InsyaAllah mba, sy edit lagi spy lebih jelas. Terimakasih atas sarannya, mba :) ditunggu ya hasil karyanya :)
Wassalamualaikum wrwb Lenny

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails